Wednesday, March 28, 2012

MENGHADAPI SELEKSI PERUSAHAAN YANG KITA INCAR

untuk mendukung posting sebelumnya yaitu BEKAL ANDAL LOLOS INTERVIEW saya akan meng-share tentang cara-cara untuk MENGHADAPI SELEKSI PERUSAHAAN YANG KITA INCAR Nah berikut penjelasannya.Setiap perusahaan pasti menerapkan bermacam cara untuk meyeleksi calon karyawan yang direkrutnya. Hal ini seringkali menjadi batu sandungan bagi kita. Misalnya saja, kurang telitinya surat lamaran, kesalahan-kesalahan saat ujian psikotes dan interview yang menjadikan perjuangan kita mencari kerja kan das di tengah jalan. Nah di sini share-4u-indonesia akan berbagi tentang apa saja yang harus diperhatikan seorang pencari kerja dari meulis lamaran, sampai pada proses Inetrview.


MENULIS SURAT LAMARAN YANG BAIK
Kebanyakan dari kita tidak memiliki dasar pengetahuan dalam menulis surat lamaran sehingga jadinya asal-asalan. Surat lamaran itu vital. Dari situlah dapat terbaca seberapa besar minat kita terhadap pekerjaan yang kita lamar, juga seberapa kompeten kualitas diri kita untuk menduduki posisi yang diinginkan. Intinya dalam melamar pekerjaan adalah sesuai dengan spesifikasiyang dicari perusahaan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja antar lain:
1. Cari tahu lebih dalam profil perusahaan yang kita lamar. Ceritakan bahwa kita mengetahui lowongan itu dari mana dan kita tertarik karena memiliki kemampuan yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

2. Impresif. Tidak terlalu menyombongkan diri, tapi tidak merendahkan diri

3. Menarik minat. Begitu dibaca, pewawancara langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut siapa diri kita.

4. Jangan menyontek surat lamaran orang lain atai dari buku maupun internet. Banyak pewawancara yang mengetahui hal ini karena meraka juga membacanya.

5. Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan jelas maksud serta tujuannya. Hindari pengulangan kalimat, penggunaan kalimat tidak efektif, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk.

6. Hindari penggunaan bahasa inggris (jika tidak diminta) apabila kita merasa kemampuan bahasa inggris kita kurang baik. Daripada ketahuan salahanya, lebih baik menggunakan bahasa Indonesia saja.

7. Sebutkan nama tujuan surat lamaran kita. Misalnya kepada bapak atau ibu siapa, dan nama perusahaannya

8. Gunakan kertas yang bagus, rapih dan bersih.

9. Jika diminta menulis lamaran dengan tulisan tangan, lebih baik menggunakan ketikan computer agar tulisan enak dilihat

10. Tulis posisi yang kita inginkan jika memang ada pilihan lowongan yang perusahaan cantumkan. Jangan sampai tidak meulis posisi yang kita inginkan.

11. Cantumkan foto formal yang jelas, tidak buram dan sebaiknya menggunakan kemeja.

12. Jangan lupa ditanda tangani.

13. Ceritakan skill, pengalaman sebagai apa, dan kontribusinya apa saja. Misalnya saat di kampus, kita pernah menjabat sebagai presiden mahasiswa. Di situ dijelaskan kontribusi apa saja yang kita lakukan. Jangan hanya mencantumkan jabatannya saja.

14. Unik. Bukan berarti harus banyak hiasan warna-warni. Yang utama simple, namun punya kesan yang membuat pewawancara ingat akan surat lamaran kita.

15. Jangan terlambat mengirim surat lamaran.



16. Perusahaan yang informative akan menelpon kita sesegera mungkin untuk interview jika kita masuk dalam criteria mereka. Jadi ketika perusahaan tidak menghubungi, kita tidak perlu menelpon berulang-ulang untuk menanyakan apakah kita diterima atau tidak.

UJIAN PSIKOTES
Dalam ujian psikotes, tidak ada jawaban yang benar atau salah. Ujian psikotes adalah tolak ukur dalam menilai tipe atau karakter si pelamar kerja. Apakah nanti si pelamar cocok dengan criteria perusahaan yang dicari atau jauh dari harapan perusahaan. Jangan terjebak dengan cara-cara kata orang atau dari internet yang kadangkala menjerumuskan. Tips sukses dalam menjalani ujian psikotes antara lain:

1. Jangan memanipulasi jawaban tes
Deskripsikan diri sendiri, jangan dibuat-buat menjadi bagus dan berlebihan. Misalnya ada pertanyaan yang meminta kita menceritakan diri sendiri. Karena kita ingin direkrut perusahaan, kita jadi menceritakan kelebihan-kelebihan yang malah tidak ada pada diri kita.

2. Jawablah dengan kemampuan diri sendiri, tidak usah melihart jawaban orang lain karena berarti kita menjadi pengecut

3. Ikutilah instruksi yang diberikan oleh penguji.
Jawaban psikotes sangat berkolerasi dengan tes wawancara. Misalnya saat psikotes, ditemui kita adalah seorang yang pendiam. Namun ketika masuk ke proses interview, ternyata kita adalah orang yang banyak omong. Nah dari situ sudah ketahuan kalau kita itu berbohong. So, be yourself.

4. Jika ada pertanyaan yang harus dijawab dengan garis atau bentuk sesuatu, lalu dibarengi dengan waktu hanya beberapa detik, intinya adalah kita sedang dites kecepatan dalam menanggulangi masalah. Jadi secepat mungkin harus selesai.

5. Jika diminta menggambar orang atau pohon, gambarlah dengan kemampuan yang kita miliki. Tes ini tidak dinilai berdasarkan bagus tidaknya gambar, tapi memproyeksikan diri kita. Kata orang “Menggambar pohon yang benar itu harus detail dan ada buahnya, dan kalau gambar orang itu mesti kelihatan kedua mata dankakinya” Hal itu adalah pertanyaan yang tidak berdasar. Kembali ke makna psikotes tadi. Inti psikotes adalah menggambarkan diri kita secara sebenarnya. Semua aspek dan pertanyaan psikotes secara keseluruhan adalah deskripsi dari penilaian psikologis dan kepribadian kita.

6. Yang terpenting, menjelang psikotes, istirahatlah yang cukup saat malam hari. Karena tingkat focus kita sangat diperlukan saat ujian psikotes keesokan harinya.

No comments:

Post a Comment

Jika ada link yang tidak work, bacaan yang tidak di mengerti, atau kesalahan pada pengejaan kalimat atau kata, tolong berikan komentar pada posting yang bersangkutan, Agar kami dapat dengan mudah mengecek kesalahan tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam share-4u-indonesia


Oh yah, untuk komentar dalam 24 jam akan tampil kok,,,,