Saturday, September 1, 2012

8 hewan dan tumbuhan yang mudah beradaptasi di dunia


Hai, gimana kabarnya nih? Semoga baik-baik saja yah, Nah kali ini Share-4u-indonesia akan memberikan sesuatu yang unik lagi nih, Mau tahu? Yup yakni 8 hewan dan tumbuhan  yang mudah beradaptasi di dunia. Selain manusia, ada banyak sekali hewan yang mudah sekali beradaptasi dengan lingkungannya. tetapi ada 8 hewan dan tumbuhan yang sangat mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan walaupun lingkungan tersebut berbeda 180 derajat. Penasaran apa saja? kita lihat saja yuk ....


Manusia adalah makhluk yang sangat mudah sekali beradaptasi, dengan kemampuan ini kita mudah sekali untuk menyesuaikan diri terhadap lingkugan kita yang berbeda. Misalnya saja kamu berada di tempat/daerah yang panas. Maka kamu akan selalu ingin membuka baju kamu untuk menghindari panas tersebut. Berbeda jika kamu berada di tempat yang dingin. Kamu akan akan selalu menghangatkan diri di depan perapian.


Nah ternyata ada juga lho hewan dan tumbuhan  yang mudah beradaptasi seperti itu. Berikut ini adalah hewan dan tumbuhan tersebut :

  1. Bacteria
  2.  
    Sudah tidak aneh lagi bahwa bakteri adalah makhluk yang sangat ganas dan mudah sekali beradaptasi. Mengapa ganas? Yup karena seluruh tumbuhan atau hewan yang mati bisa habis dan menghilang berkat adanya bakteri. Nah Bakteri ini juga ada lho di badan kita. Menurut Lynn Margulis "Fully 10 percent of our own dry body weight consists of bacteria, some of which, although they are not a congenital part of our bodies, we can't live without." (artinya : 10 percent dari bagian tubuh kita yang kering mengandung bakteri, walaupun mereka bukan bagian dari tubuh kita tapi kita tidak bisa hidup tanpanya). Nah sudah jelas, kan? Untuk itu bakteri adalah makhluk yang paling hebat yang pernah ada di Dunia.
  1. Phytoplankton
  2.  
    Nah yang satu ini tidak kalah penting, karena makhluk ini memiliki peranan yang sangat banyak di dunia ini. Namanya adalah Phytoplankton. Phytoplankton adalah micro organisme yang sangat membantu dalam menjaga keseimbangan dunia ini. Tanpanya mungkin dunia ini akan mati dan suram. Alasannya karena makhluk ini bisa mendaur ulang lebih dari 100 juta ton karbon dioksida yang ada di atmosphere menjadi organic material (seperti udara, oksigen dan lain-lain). Nah selain itu makhluk ini juga bisa dengan mudah beradaptasi dengan suhu air yang berbeda-beda.
  1. Semut
  2.  
    Binatang kecil yang satu ini sering dijadikan panutan karena kerjasama dan kekompakannya. Tapi tahukah kamu bahwa Semut bisa beradaptasi dengan mudah disegala situasi? Nah sekitar 130 juta yang lalu, semut adalah binatang yang paling sukses sepanjang masa, dikarenakan dia bisa bisa bertahan hidup di segala bentuk keadaan. Nah seiring dengan perkembangan zaman, semut telah berevolusi dengan berbagai bentuk dan spesies yang berbeda-beda dan sangat kuat. Sekarang lebih dari 15% sampai 25% lebih daerah di Dunia ini telah dikuasai oleh koloni-koloni semut. Dan juga ada pernyataan dari E. O. Wilson yang mengungkapkan bahwa ada lebih dari 10.000 triliun semut yang ada di Dunia ini . Wow!
  1. Kumbang
  2.  
    Sekitar lebih satu juta spesies kumbang yang bisa kita temukan di seluruh dunia ini (kecuali daerah laut dan kutub). Hal ini telah membuktikan kita bahwa Kumbang juga bisa berkembang biak dan melahirkan berbagai spesies berbeda di seluruh dunia.
  1. Rayap
  2.  
    Kalian pasti tahu, kan? Yup binatang pengerat yang satu ini sering kita jumpai di batang-batang kayu apapun. Nah hal ini juga sudah membuktikan bahwa rayap bisa beradaptasi dengan apapun. Ada lebih dari 4000 species rayap yang bisa kita jumpai di seluruh dunia . Hampir $22 Miliar kerusakan yang disebabkan binatang yang satu ini. Dan bahanya binatang ini juga menyumbangkan gas hidrogen yang cukup besar ke atmosphere (hasil riset dari U.S. Department of Energy )
  1. Rumput
  2.  
    Siapa yang tidak tahu dengan tumbuhan yang satu ini? Yup tumbuhan yang ada di seluruh dunia ini bisa bertahan di berbagai cuaca yang extreme. Dan juga tanaman ini adalah tanaman paling dominan di dunia ini. Karena sebagian besar derah di dunia ini adalah Rumput. Tumbuhan ini mempunya lebih dari 3.500 species yang berbeda di seluruh dunia. Selain itu tumbuhan ini juga bisa bermanfaat bagi manusia dan hewan. Yah tebak sendiri saja deh apa saja yang bisa kita ambil manfaatnya dari tumbuhan yang satu ini.... hehehe
  1. Kecoa
  2. Binatang yang menjijikan ini adalah binatang yang paling kuat dan tangguh dibanding dengan binatang vertebrata yang lain karena berbagai hal. binatang ini mampu hidup berbulan-bulan tanpa adanya makanan dan juga dia bisa bertahan beberapa detik tanpa adanya kepala. Dia pun bisa hidup di ruangan hampa udara (luar angkasa) selama 45 menit tanpa oksigen sama sekali. Dan juga dia memiliki tingkat radiasi yang tinggi dibanding binatang vertebrata yang lain. Yah kita cuma bisa bersabar saja sih.... Seakan-akan binatang ini seperti Born to Disturb the Human
  3. Tikus
  4.  
    Satu lagi binatang yang bagi beberapa orang adalah binatang yang menjijikan ini jangan dianggap enteng. Karena binatang ini adalah binatang paling tangguh selain kecoa. Dia selalu bisa menyesuaikan diri dengan lingkunganya dengan mudah dan cepat. Semakin di bunuh, semakin kebal. Nah hal ini lah yang membuat binatang yang satu ini menjadi makhluk paling sukses di dunia. Dia bisa memakan hampir segalanya yang ada di hadapannya. Dan dengan perkembangan sekarang dia sudah susah sekali untuk dibunuh karena dia memiliki ketahanan tubuh yang terus "mengebali" dirinya terus menerus.Sepasang tikus bisa melahirkan lebih dari 200 tikus dalam waktu satu tahun. Hasilnya Sekitar Miliaran Tikus yang ada di Bumi ini.
Nah gimana? yah kita hanya bisa bersabar dan berusaha untuk menjadi makhluk yang berguna bagi kita dan lingkungan kita. Salam share-4u-indonesia

Sumber : io9.com
Sumber Gambar : Dari Berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment

Jika ada link yang tidak work, bacaan yang tidak di mengerti, atau kesalahan pada pengejaan kalimat atau kata, tolong berikan komentar pada posting yang bersangkutan, Agar kami dapat dengan mudah mengecek kesalahan tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam share-4u-indonesia


Oh yah, untuk komentar dalam 24 jam akan tampil kok,,,,